Ads 468x60px

Sabtu, 08 Desember 2012

OTOMATISAS PERPUSTAKAAN

Pingin perpus kayak di kamps-kampus terkenal yang ppernah anda kunjungi, atau penasaran dengan bagaimana kinerja perpus yang serba otomatis untuk kegiatan mereka.
Almadulillah. dengan akan berakhirnya project MEDP bukan berarti berakhir pula pendampingan kualitas yang bermutu dari project akan berhenti pula. sebuah tawaran yang menarik untuk memajukan madrasah dalam pengembangan yakni akan diadakannya program "otomatisasi perpustakaan" oleh TIM dari Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tanggal 17-20 Desember 2012 bertempat di MTs Al-Muslimun Kawistolegi Karanggeneng, oleh karena itu kami mengundang segenap pemangku madrasah khsuusnya di lingkungan Kabupaten Lamongan "madrasah sasaran MEDP" untuk mengikuti kegiatan tersebut. Adapun kegiatan tersebut membutuhkan peralatan-peralatan sebagimana berikut ini .


Berikut adalah daftar peralatan-peralatan yang harus disiapkan madrasah yang terkait dengan infrastruktur teknologi informasi (TI) untuk pengembangan otomasi perpustakaan madrasah berbasis web:

  1. Langganan Internet dengan 1 IP Publik statik. Contoh: Speedy paket game atau paket executive
  2. 1 Komputer Server dengan spesifikasi minimal (Processor Intel Core I3, Hardisk 250 GB, Memory (RAM) 4 GB)
  3. Mempunyai infrastruktur jaringan lokal (LAN) sekolah (terutama akses dari perpustakaan ke gateway internet/server )
  4. Mempunyai WEB untuk sekolah (kalau belum punya disarankan menggunakan CMS Drupal)
  5. Menyediakan 3 (tiga) atau 4 (empat) komputer client di perpustakaan madarasah yang akan digunakan untuk sirkulasi, pengolahan, penelusuran opac, dan visitor counter.
  6. Menyediakan minimal 1 unit printer laser. Contoh: Canon LBP 6000. Merek lain bisa digunakan dengan spesifikasi LaserJet.
  7. Menyesiakan kertas HVS berwarna sebanyak dua warna untuk cetak kartu anggota perpustakaan. Pilihan warna diserahkan pada pihak madrasah.

Jika madrasah belum memiliki akses internet dan belum melakukan instalasi jaringan Local Area Network (LAN), disarankan untuk menyediakan hal-hal berikut:
1.      Langganan Bandwith/IP Publik ke ISP (Internet Service Provider)
2.      Menyediakan Switchub sesuai kebutuhan, minimal 8 port
3.      Menyediakan kabel UTP (sesuai dengan jumlah komputer dan panjangnya)
4.      RJ 45 / konektor

Adapun kebutuhan lain seperti:
·         barcode scanner (1 unit);
·         mesin laminating (1 unit) berikut dengan plastik untuk laminating kartu anggota perpustakaan;
·         kertas stiker label Dof ukuran 1 m2  (20 lembar);
·         lakban bening ukuran 4 cm (5 buah) dan gunting;
·         sertifikat
akan disiapkan/dibeli di Yogyakarta dengan pertimbangan bahwa bahan-bahan tersebut sulit diperoleh di lokasi masing-masing madrasah.

0 komentar:

Posting Komentar